Tuesday, August 26, 2008

tragedi ROYALTI

royalti buat penulis ato orang yg ngimpi jd penulis sudah bs dipastikan jd sesuatu yg diimpi2in..
aku juga ngimpiin si royalti..pdhl aku blm bnr2 jd penulis (msh belajar dan terus belajar menulis)
mslhnya, orang dpt royalti kl dah nulis bukan??
dan ga mungkin kan orang yg blm nerbitin buku tiba2 dpt royalti??


ini ..nih!!
ceritanya, pas perayaan dee-day kemaren iseng2 ngecek rekening..shock!! ya pastinya, lha wong tiba2 itu rekening jd menggelembung, pdhl seminggu sebelumnya s4 dikuras hbs2an..
"wah, ada yg berbaek hati ngado duit nih," gitu pikirku
dan pastinya..sgala mcm ide belingsatan di kepala..molai mencari tau siapa yg ngirim..trs bikin rencana mcm2 tuh duit mo diapain...
udahlah..detail bgt pokoknya smua rencana utk si duit...
sengaja juga sih ga mau mencari tau siapa yg ngirim..
"ntar2 deh kl dah rada lamaan..biar yg ngirim jg ngarep2 cemas menanti ucapan terimaksh dariku.." lg2 ide2 spt itu sliweran di kepala..

genap seminggu...itung2 skalian ngecek kiriman yg laen..rekening emng jd lbh menggelembung..
bosen penasaran, bertanyalah aku ma si mbak2 CS yang kinclong itu..

JRENGGGGGGGGGG!!!

"dari PT kairos mbak, uang royalti.." lempeng aja gitu si mbak ngasi tau..
"Kairos?? royalti?? walah!! royalti apa nih?? nulis buku aja aku blm pnh..emng sih kmrn ngirim2 naskah..tp naskah itu kn kukirim di hr yg sama duit itu msk rekeningku..impossible!!!.. ndak mungkin ada royalti kl ndak ada naskah.." perang batin dan perang kata di kepala menemani aku sepanjang perjalanan pulang dr bank ke 'rumah'..

adohhhhhh..
siapakah pt kairos ini?? royalti utk siapa dan utk apakah sbnrnya?? emng aku pnh ngasi naskah ke mrk?? emng mrk pnh kenal aku?? ato..ada yg ngrasa kenal si pt kairos ini ga sih?? ngrasa pnh numpang nerbitin buku di mrk?? pnh ngrasa ngasi no rek.ku ke mrk??
kl ndak ngaku..royaltinya buat aku lho..huehehehehe

bgitulah..
diantara kebingungan yg ga ad ujung pangkalnya aku bercerita ke tmn2 yg kuanggap bs menguak tabir miseterius si royalti dan si pt kairos yg konon berada di batavia itu..

numpang nnya di om gugel jg ga bnyk bntu..
yg ada pt kairos terpampang sbg perusahaan it
"jgn2 itu royalti krn km pake software tertentu," kt seorang tmn yg jagoan IT..
"halah! ndak mungkin lah..aku ini kan ndak jago2 bgt di dunia per IT-an..ngarang kamu.." jawabku msh dengan pikiran..baju lebaran..makan2.. dengan si duit royalti :D

ublek2 lagi..ketemu!!! pt kairos..persewaan audio system..ini lg ..lbh ndak mungkin..

PT kairos perusaahaan logam mulis
"waduh..tp aku kan bukan artalita..kl emng royaltinya dr kairos yg ini ndak mau aku..ntar jgn2 aku ikut2an diciduk KPK..trs km masukin ke portalmu yg kondang itu..ndak mau aku!!" protesku ke seorang kawan yg kebetulan biasa nangkring di pengadilan..yg srg ikut2an ngungkap brt sogok-menyogoknya pejabat di sebuah media interaktif..

"cari lagi.." usul tmn yg laen..

pt kairos..penyedia pakaian olah raga
uhmm...
"yg ini jelas ga mungkin!! aku kn ga pnh olah raga.."
"lho sapa tau?? mrk kirim royalti spy km beli baju olah raga trs mlai berolahraga," ledek seorang teman yg laen lagi..
"ngawur kamu..pletak!!" ops, adegan yg terakhir alias adegan pletak cm dlm imjinasi :D

cari lg..ublek2 lagi...
hasilnya??
JRENGGGGGGGGGGGG!!!
titik terang itu tiba2 berpendar di ujung mata..
"sialan!! orang itu ternyata..huh! tau gitu duitnya bwat makan2 aja..bwat beli baju lebaran aja.." sungutku..sembari tetep bercerita kanan kiri ma tmn2 yg sedari awal menemani penelusuran jejak si kairos dan royalti..

hihihihi..
bukannya apa..si tersangka yg kuduga penerima royalti ternyata org yg kukenal..sgt kukenal mngkin..org yg kl disebut namanya aja aku dah bosennnnn bgt..saking seringnya dgr namanya..
si orang yg sering bikin aku mkn ati..hueuehhehehe..

walah..dalah..
kok ya orang itu thow?? pdhl br kemaren aku ngomel2 gara2 tu orang..
"kualat kali kamu Di.." kata hatiku bersuara.."eh, ato jgn2 itu royalti emng bwat kamu Di? dia sngaja ngirim itu ke rekeningmu sbg kado DEE-Day kemaren?? sapa tau dia mo baekan??hayo..sapa tau lho Di,..lumayan lho,..baju baru, wisata kuliner.." msih kata hati yg bicara..

uhm..bisa jadi sih..tp itu ngayal bgtttttttttttttttttttt
ga mungkin orang itu dg sukarela ngasi royaltinya ke aku..beli bensin yg cuma seliter ajah dia ogah! huh!
arghhh...sebel...sebel!!
tau gitu td ndak usah ngublek2 rumah om gugel bwat nyari tau si kairos..

"welehhhhhhhhhh...ojo lali persenan ngo aku ya..lmyn bwat beli kaos di distro..."celetuk seorang temen..menimpali dongkolku.. huh!

-dee-
*bwat yg ngrasa numpang transfer royalti di rekeningku..jgn lupa byr pajaknya ya..laen kali bikin rekening sendiri dunk..duh..tiwas aku GR..tiwas aku mikir oleh royalti sblm nulis..walah!!!...*
(tulisan yg ntah apa..tlsan yg mlh bikin bingung..ini mau nulis apa thow Di??kok semburat kabeh??)

No comments:

Post a Comment