Sunday, July 20, 2008

pEmBeLi iTu..(bUKaN) RaJa..

Katanya..
pembeli itu raja yang selalu dihormati pedagang..
yang kemauan dan tingkah polanya dimakfumi mereka yang memilih peran sebagai penjual..
tapi apa iya seperti itu??
lha kalo pembelinya nyebelin?? banyak permintaan?? nawar harga ga kira2?? apa iya mereka masih layak diperlakukan sebagai raja??

lha kalo misalnya pembelinya ga rewel dan nggak cerewet tapi penjualnya ngomel2 mulu..apa itu sbuah kepantasan??

terus...
kalau begitu?? adakah batasan pembeli boleh/layak dianggep sebagai raja dan kapan nggak boleh/nggak layak dianggep raja?? ato emng pembeli itu ga bnr2 raja ya?? mo mereka beli ato nggak..sebodo amat..
apa itu yang sekarang ada di pikiran para pedagang di luar sana?? (walahhh...kok tragis nian nasib pembeli ya?? nah lho??)
ato, jangan2..pedagang2 jaman sekarang udah mlai sebal dengan tingkah polah pembeli yang kadang kebangaetan dan nggak tau diri ituw???

jadi inget cerita seorang teman...dua orang teman tepatnya..
dua pemburu kenikmatan dunia a.k.a pecinta wisata kuliner..
satu dari mereka bertutur tentang peristiwa yang konon menurut mereka ga lagi mencerminkan bahwa mereka berdua adalah pembeli yang layak dianggap raja...

alkisah, dua penganut sekte perut kenyang itu memutuskan mencicip sbuah warung kaki lima dengan antrean pembeli yan naudzubillah...puadet bgt...
didorong rasa penasaran tiada akhir keduanya mengaku rela menanti dg sabar, termasuk diserobot kanan-kiri. di sela-sela penantian tiada ujung pangkal itu keduanya bertutur sempat melogok dagangan si penjual "nggak ada yang istimewa sih..biasa aja kayak pedagang yang laen," begitu tutur Eta, satu dari dua penggila makan-makan ini..

alhasil, dengan kondisi yang makin uyel2an alias dusel2an..mereka berdua mengaku akhirnya memesan dua porsi menu spesial..
si mbak, yang mungkin lg PMS, dengan ketus malah menjawab pesanan yang mereka maksud nggak ada..nggak cuma ketus..dua orang teman yang ngakunya wktu itu sudah dilanda perut melilit malah disodori menu laen yang jauh dari istimewa..
"ya apa boleh buat, dengan kondisi perut yang dah molai bikin konser..tawaran si mbak itu kami terima.." ujar mereka kompak sesat setelah memasuki pojok nyamanku..

Beres??
ternyata urusan dua temanku dengan si mbak2 penjual itu nggak selese sampe disitu..
tunggu punya tunggu...dengan perut yang konon katanya makin perih ga karuan itu dua temenku ngaku malah ditinggal ngacir gitu aja ma si mbak...
berhubung ngaku penganut positif thinking..mereka berdua dengan setianya menanti si mbak berdiri nggak jauh2 dari kompor yang panasnya minta ampun...
dan, bermulalah 'tragedi' pembeli bukan raja...

seorang pelayan laen mendadak 'nyemprot' duo kelaparan ini..konon, karena keduanya setia berdiri nggak jauh dari si mbak ituw dan membiarkan beberapa pesanan di depan mereka begitu saja..
"Lah, kami kan nggak tahu itu buat kami ato nggak..masak maen ambil aja..eh, gara2 itu si mbaknya malah ngomelin kami..biyuh..serba salah deh..ngambil salah, nggak ngambil diomelin..nyebelin bgt lah pokoknya...padahal kan kami bayar.."

alhasil,
duo pemburu makanan ini mengaku kapok mendatangi lapak itu...walopun, keduanya sepakat, suasana t4 makannya 'nendang' abis..
"
ampun lah kalo harus kesana lagi..mending nggak..daripada beli tapi pake omelan??? tempatnya sih emng oke..tp kalo pedagangnya ngomel2 gitu apa enaknya??"

walah....
kalo udah begini, siapa yang diuntungkan & siapa yg dirugiin ya??
si duo pemuja perut mengaku kapok...
artinya, si pedagang -walopun msh mungkin dikunjungi pembeli yg laen- berkemungkinan kehilangan dua calon pelanggan..
blm lagi resiko duo ini menyebar pengalaman 'pahit' itu ke temen2 yang laen..
itu kan artinya si penjual berkesempatan kehilangan calon pembeli juga...

ah, tapi apa iya ampe segitunya??
jadi, benernya..masihkah pembeli itu raja?? ato..penjual dan pembeli sama2 raja?? ato malah pedagang yang jadi raja?? sementara pembeli itu ibarat rakyat jelata yang harus terima nasib apa kata sang raja??

ah..mbuhlah...

*dee*
penasaran pengen ngebuktiin cerita si duo gila itu..masa iya sih si mbak2 penjual makanan yang konon kondang itu bisa segalak itu?? jangan2 emng mereka berdua aja yang bikin esmosi..ato jgn2 mrk berdua emng lg apes..hihihihi...




No comments:

Post a Comment