Thursday, April 3, 2008

Musuh dalam SelimuT

Seyogyanya, sebuah tempat kerja itu memberikan kenyamanan supaya pekerja2nya bisa produktif dan makin maksimal dlm mengeluarkan potensi2nya, demi perusahaan!!

tapi, rasa2nya..perusahaan yg spt itu cm ada di dunia khayal..
ia, jarang banget ada perusahaan yang sebegitu baek mau memberikan kenyamanan pada para pekerjanya, memberikan kepercayaan yang membuat pekerja2nya srasa dimanusiakan..(ah, ato aku yg kurang melihat sekeliling?? ato ada yg terlepas dr pencarianku??)

Sering aku mendengar celoteh teman2 yg tengah menjadi kuli di berbagai tempat, ternyata nama besar perusahaan kerap tak bisa menjadi jaminan kenyamanan tersedia disana (baca: kenyamanan tidak sama dengan gaji melimpah)..

seorang teman mengeluh, di tempat barunya, sebuah media elektronik, dia tak lagi dapat mengakses informasi melalui internet, beberapa situs di blok...hanya di w-end saja kemudahan akses itu bisa diperoleh...

teman yang laen bertutur, tempatnya bernaung tadinya terliad begitu nyaman, suasana kekeluargaan yg begitu kental, kebebasan yang kata si teman bgitu melegakan (mklum, sebelumnya dia bekerja di perusahaan yg lumayan memaksanya hrs ngrodi tiap hari..)..
bulan berlalu, hitungan tahun sudah mulai dijalani si teman mlai merasa ada yg salah...
apa yg tadinya nyaman, apa yg tadinya terliad menyenangkan..berangsur pupus...
si teman ini melanjutkan, tadinya dia tak ambil pusing, tp apa mau dikata..perubahan itu membuatnya mengaku, "aku jadi nggak produktif nih. Bawaannya males banget mau berangkat kerja. Bahkan, aku dah mlai lirak-lirik tempat laen...sapa tau nyangkut.."
"Memang apa masalahnya??nggak bisa diatasi??" tanyaku didorong rasa penasaran..
"Nggak mungkin dan aku males aja ribut2 utk urusan ini..di kantorku lg ada musuh dalam selimut..."
"Hah??musuh dalam selimut??maksudnya??siapa yg jd pengkhianat??"
"Ah, nggak usah dibahas lah..males banget!! yg jls gara2 si pengkhianat ini hawa kantor jd ga nyaman, ngadu sana-sini, Belanda bgt deh, devide et impera..hari gini gitu..jadi aku tuh berasanya kerja di bawah pengawasan mata2...bayangin aja..emang enak kerja kaya gitu??"
"Pastinya siy nggak.."

Mata..mush dalam selimut..tukang cari muka..
ah..kenapa ya orang2 ky bgini bisa ada??
oke..
mungkin mereka nggak cukup pede dengan potensi dirinya...
alhasil, demi menyelamatkan posisi mereka mau melakukan hal2 menyebalkan seperti itu..
mengkhianati temen sendiri, membuat kondisi yg tadinya aman terkendali jd srasa dlm neraka..menebar bibit kebencian dan curiga dimana2..

ato..
mungkin sebenarnya mrk bth diperhatikan?? jangan2 slama ini mereka merasa orang nggak peduli akan eksistensi mereka ato mereka merasa tdk punya arti dlm tim..dan akhirnya, sebagai jln ekstrim utk unjuk diri mereka, si musuh dalam selimut ini, menggunakan cara2 'nggak bener' itu sbg jalan keluar dari rasa terabaikannya itu...

uhmm...
bisa juga ketika kecil mereka dibesarkan dengan pola yg kurang tepat..iya, mksdnya, dibiasakan menggunakan segala cara utk meraih apa yg dimau..termasuk dengan cara menjatuhkan orang2 yang dianggapnya seperti pesaing, orang yg tak bisa membantu upayanya utk meraih hasratnya...orang yang dia tau psti akan menjadi penghalang, menjadi perintang, sosok yang harus disingkirkan ato dibuat seperti tokoh yang jahat..(jauh lbh jahat dr si musuh dalam selimut sendiri)

ya ampun...
nggak bisakah kita hidup berdampingan saja??? tanpa harus menebar fitnah, menebar ancaman ke orang laen?? membiarkan orang laen hdp dengan damai, dengan tenang...
kl toh emng merasa teracuhkan..nggak bisakah menyampaikan ketidaknyamanan itu dg cara2 yg lbh baek??dg cara2 yg lbh positif??
ato kl emng terpaksa melakukan itu demi mendapatkan kepastian ato kejelasan posisi di kantor (krn ga yakin dengan potensi diri) kenapa gitu nggak meningkatkan kualitas diri??mengeluarkan sebagian penghasilan utk pengembangan diri, membaca buku, bergabugn dengan komunitas2 yg bisa bikin pintar, yg membuka wawasan, dan mengajarkan kita melihat dunia dr sudut yg berbeda...

Gosh....
kasian bgt si musuh2 dalm selimut itu..
pasti mereka nggak akan pernah ngrasa nyaman ma hidupnya..(gmn mungkin mo nyaman, dengan dirinya sendiri ajah dia bgitu..blm lagi resiko dimusuhi lingkungan yg jd korbannya kan??)
hidup bisa dibikin enak kok malah dibikin ruwet...
kurang kerjaan bgt!!

Bang bang tut akar gulang galing
Siapa yang kentut ditembak raja maling
Musuh dalam s'limut, sama juga maling
Mulut bau kentut, dibelakang ngomong miring

Lempar lempar batu lalu sembunyi tangan
Bikin orang bingung langsung buang badan
Sepandai tupai melompat
Akhirnya jatuh juga
Belagak sahabat pasti ketahuan belangnya
(Slank-bang bang Tut..)


-dee-
*mendadak teringat lagu yg satu itu..ah, sepertinya aku masih butuh waktu untuk mencoba mencerna, mencoba mencari tau, membuka mata, lebih waspada..siapa tau si musuh dalam selimut ada juga di dekatku...Brrr, benar2 bikin hidup tak lagi nyaman..*

No comments:

Post a Comment