Tuesday, March 4, 2008

Birokrasi Tahi Kucing!!

Konon katanya, kehancuran sebuah negeri akan semakin cepat bila tampuk kekuasaan dipegang ma orang2 yang nggak tau bagamaimana menjadi pemimpin, yg buta mata hatinya, dan nggak lagi bisa jujur...

uhm..rasa2nya emng bener siy...
buktinya, negri yg katanya aman damai makmur sejhtera bin kaya raya ini skrg makin jatuh terpuruk, ibarat kata udah jelek miskin pula...
*ooppsss*

ah..
gimana mo punya negara yg hebat kalo pemimpin ma orang2 yg dipimpin (:baca di roda pemerintahan) sama2 bobroknya...

ga percaya??
ini nih buktinya...

jadi ceritanya sepagian ini aku hrs mengurus sebuah surat (yg mau nggak mau hrs kuurus demi memudahkan bbrp keperluanku..)
setelah kemaren sempet bejibaku ma ujan, aku akhirnya bisa mengantongi srt pengantar dr pak RT dan RW ku..
aman pikirku...

alhasil...meluncurlah aku pagi ini ke kantor kelurahan dan kecamatan...
dengan hati riang gembira (berbekal pengalaman mengurus srt pengantar di RT&RW yg nggak berbelit) aku nyampe di gedung yg gedenya minta ampun itu...

clingak-clinguk 30 menit tp itu kantor emerintah masih sepi2 ajah...
dasar jiwa wartawan ga bisa dilepasin, mlailah aku mencari2 nomer humas pemkot..(mksdnya kalo pe jam 8 itu pegawe2 nggak pada datang aku dah siap mo ngadu..hehe)

8.05, akhirnya petugas yg dimaksud dtng..
stlh diketikkan sebuah surat..dimintalah aku menuju bagian laen..utk minta td tngan...
beres..
si bapak ga pake banyak nnya...

eit,...
tnyata aku salah...
si Bapak tiba2 nyletuk "sepuluh ribu mbak.." (datar dan tanpa ekspresi..)
what????

apa lagi ini...
knp hrs bayar??
emng ada perdanya??
smua pertanyaan itu berlompatan di kepalaku...
argh..rasanya ingin meninju muka si bapak..apalagi belakangan pas dia lagi mencatat..
tueng..weng...
si bapak baru aja menggambar perempuan bahenol tampak belakang
DAMN!!
please deh pak, sadarkah anda..
anda tiu pelayan masyarakat, tp kelakuan kok bejat amat yak??
*ooopppssss...*

berhubung si bapak melotot dan aku msh rada shock..berpindah tanganlah itu uang...
stl urus sana-sini aku akhirnya diperbolehkan meluncur ke kecamatan...

dan seperti yg kuduga..
kejadian serupa berulang disana..

beruntung,
sebelum meluncur ke kecamatan aku sempet nelp si humas pemkot..bertanya segala macam, termasuk perlukah aku membayar utk pengurusan surat2 itu..
hasilnya???
bliau berkata "tidak ada..tidak benar itu..yg ada itu biaya utk pembuatan KTP dan kartu keluarga, selain itu tidak ada.."

GUbrak!!!!
berbekal informasi yg sempet bikin panas kuping plus jd bikin aku nyolot...
sampailah aku di kantor kecamatan...
prosesnya emng lbh cpt...
dan sblm berkas2ku dikembaliin si mas2 yg jaga dg cueknya ngomong "sepuluh ribu mbak..'

aku: "hah??sepuluh ribu mas?? ada perdanya nggak?? kalau ada aku mau bayar, kalau nggak ada aku nggak mau!! boleh liad perdanya???"
mas2: "nggak ada mbak, tp harus bayar"
aku: "harus??mas, tadi saya sudah sempet nelp humas pemkot, saya wartawan dan saya biasa ngepos di pemkot..setau saya pungutan spt ini nggak boleh" (dengan nada yg mlai naik)
mas2: ya udah, emng ini suratnya mo buat apa? mo kemana?? kalau begitu cb saya liad surat pengantar dari panitianya??
aku: "hah??jangan molai deh mas..kenapa siy dibikin ribet?? ini yang bikin departemen ***** kalau nggak percaya telp mereka ajah..." (semakin naik pitam, tp dah mlai menikmati permainan..hehehe)
mas2: "ya nggak bisa mbak, saya harus liad.."
aku: " gini deh mas, saya skrg telp ke pak ******, humas pemkot ajah gimana?? biar beliau yg jelasin ke mas ttg aturan bayar nggak bayar ini..."
mas2: mendadak kehialngan kata2 sembari melemparkan berkas2ku begitu saja ke arahku
aku: "sialan!!" (dalam hati tentunya)..."makasi ya mas" (sembari membereskan berkas2 yg sedikit berantakan)

kluar dr gedung nyebelin itu aku cuma cengar-cengir...
huahahahaha...sapa suru mungut pungli ke wartawan...

ah, emng bnr kok..
buat apa takut kl kita bnr?? dan biasanya, mereka yg salah akan kehilangan kata2...buktinya si mas pe terdiam mebisu..hehehe

bnr2...
nggak kebayang brapa duit ya yg didapat ma mrk??kl tiap orang hrs byr 10 ribu smntara yg dtng pasti bnyk jg dwong (sengaja nggak ngasi cth jumlah..males ngitungnya..hehehe)

pantesan makin bnyk orang miskin,
makin bnyk orng yg nggak percaya ma pemerintah...
nah pemerintah aja tetep ngidupin orang2 busuk macam itu...
ah, bukannya petinggi2nay juga pada busuk???

jadi..
apa siy yg hrs kubanggain dr negri ini???
masihkah aku hrs bangga hidup di negri ini??
negri yg bahkan nggak bisa menghargai org2 cerdik pandai..
negara yg nggak mau memberikan akses bwat anak negrinya bwat menggali ilmu??
kenapa birokrasi busuk?? bahkan bwat orng2 yg bth surat keterangan utk bisa terus sekoalh pun mrk memungut upah??
tidak cukup ya gaji kalian???

kalau mau naek gajinya kerja yg bnr dong???
kerja nggak jelas kok minta gaji selangit??

emang negara yg payah!!!
birokrat2 yg payah!!

-dee-
dipersembahkan utk si para birokrat busuk di negri ini (terutama bwat si bapak di kantor kelurahan dan si mas2 di kantor kecamatan :P)
*sedang sebal dengan negara bernama Indonesia, dengan birokrat2nya (mlai dr tingkat terkecil pe tertinggi), mau nyumpain tp kata para ustad mending didoain..bukannya doa orng yg dianiaya mujarab??eh emng aku termasuk org yg dianiaya???*

2 comments:

  1. hahahahaha. ajiaji kartu pers nih. samma!

    ReplyDelete
  2. huahahahaa...
    aku blm s4 ngluarin kartu sakti kok..cm sebatas silat lidah ajah...
    kartu saktinya khususu bwat ngadepin penggede2nya ajah..kl cm ma masnya siy silat lidah dah cukup kok..asal bs masang tampang galak plus ga pnya takut..pasti yg ngadepin keder jg..hehehe

    ReplyDelete