Sunday, November 4, 2007

Yang KuaT Ya Sist...

gimana ya rasanya ditinggal pergi ma pasangan hidup kita? ato orang yang kita sayangi?
pernah ga kita ngebayangin ditinggal pergi (:baca meninggal) orang2 terdekat kita ato sebaliknya..
kita yg ninggalin mereka pas lg jauhan..(:baca luar kota,luar negeri)???
apa yg bakal kita rasain kl tiba2 kita denger brt itu..pdhl sebelum2nya mrk baek2 aja..bahkan sdng dlm urusan kerja??

hari ini..
sebuah berita di media online sukses membuat aku shock..
suami tmn terbaikku dipanggil Sang Pemilik Hidup...
tragisnya..
suaminya ini meninggal di luar negeri, di negeri gajah putih..pas sdng ada seminar disana...mengemban misi universitas tempat dia mengabdikan ilmu..universitas yg sama t4 aku dan temanku ini menimba ilmu..Universitas Gadjah Mada..
speedboat yg ditumpangi suaminya terbalik...
Nahas..
dari sekian penumpang..suaminya adl satu dr 3 korban meninggal..
3 orang dosen yg kebetulan bersama suaminya selamat...

menelponnya siang ini sukses membuatku menangis..
bahkan sebelum menelponnya badanku lemas...seolah energi dan kekuatan yang ada dalam diriku tersedot keluar...
sialnya..nomer si teman ini tak dapat kuhubungi..
satu per satu
teman2 di ms lalu yg juga mengenalnya kuhubungi..
sialnya lagi..
nomer2 itu tak lg bs dihubungi...
beruntung..msh ada satu yg tersisa..
berbekal nomer yg dibocorkan aku menghubungi siteman baik yg tengah berduka...

perempuan tegar..
itu yg kutemukan dlm perbincangan awalku dengannya..
tp lamat2...kudengar ada perubahan suara...
dia menangis...
dan makin lemaslah badanku..
aku tak lagi bisa berkata...
kucoba menegarkan..tp aku tahu...aku pun limbung..
meski tak dapat merasakan dg tepat apa yg dia rasa..tp aku tau bagaimana rasa kehilangan itu...
makin lemah kakiku berpijak saat dia berkata "anakku msh 4 bulan Di.."

Tuhan...
beri dia kekuatan..
karna aku tau dia perempuan kuat...
dia perempuan tegar...

dan..
sepanjang sore ini..
setelah aku menutup telpon..
aku hanya bisa terdiam...
tak tahu hrs melakukan apa.
hilang smua ribuan pertanyaan yang akan kuajukan pada narasumberku...

duh gusti..
aq ga bs bayangin kl aku jd dia..
apa aku bs sekuat dia??
apa aku bs setegar dia??

aq pgn brada di sisi si perempuan tegar itu..
pgn memeluknya..
dan membisikkan kata..
"Yang kuat ya Sist...Aku akan menemani langkahmu...Kamu msh sahabat terbaikku..."
ah..
tp pekerjaan ini menghalangi langkahku utk berlari ke jogja..
mengikuti prosesi pemakaman suami tercintanya...

smoga..
ada kbr baik yg kuterima sore ini..
yang memungkinkanku berangkat kesana...

-dee-
*dedicated to Iswari Nur Hidayati (alumni Fak. Geografi UGM)...teman&sahabat terbaik selama proses petualanganku di Sahabat Percepatan Peningkatan Mutu Pembelajaran (SP2MP) UGM 2001-2002*

No comments:

Post a Comment